Posted on

BPSDM RIAU- Jum’at 19 Juni 2020, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau mengadakan wirid bulanan secara online. Acara dimulai dengan sambutan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, H. Joni Irwan, dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih atas partisipasi yang diberikan oleh semua pegawai dan staf di lingkungan BPSDM untuk menyukseskan acara wirid bulanan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan berterimakasih kepada Al-ustadz Dr. H. M. Fakhri, M.Ag yang telah menyempatkan diri untuk memberikan tausiyah pada wirid bulanan.

Wirid bulanan kali ini mengangkat tema ” Menjaga Imunitas Diri Dalam Perspektif Islam”, menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak merupakan sebuah ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan. Menjaga imunitas diri dalam dalam perspektif islam bukan hanya jasmani, rohani, dan bhatiniah tetapi juga psikologi pengorbanan dalam islam adalah:

  1. Istigfar
  2. Sedekah
  3. Sholat
  4. Puasa
  5. Doa

Istigfar meminta ampun pada Allah SWT, dalam surat Ar-rum ayat 41 telah tampak kerusakan di darat dan di laut dikarenakan tangan mereka tersebut. Musibah tidak akan berhenti karena lidah manusia dan hati marah, rakus, cinta berlebih kepada dunia, ghibah. Kalaulah semua pemimpin adil, manusia berbuat baik dan selalu beristigfar selalu akan menyembuhkan segala penyakit, maka jagalah imunitas diri kita dengan selalu sering beristigfar. Kedua, sedekah karena dengan bersedekah memberikan manfaat terbesar dalam hidup kita serta pahala yang terus mengalir. Ketiga dengan doa, sekecil apapun kegiatan yang akan kita lakukan jangan lupa untuk membaca doa, minimal basmallah, karena banyak keajaiban dari doa.

Keempat adalah sholat karena sholat dapat menghapuskan dosa kita, dan apabila kita selalu rajin melakukan sholat maka aliran darah menjadi lancar. Kelima adalah puasa karena dengan berpuasa tubuh akan semakin sehat.