Posted on

Sebagai langkah untuk antisipasi terhadap penyebaran Virus Corona, ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan dalam keseharian.

Langkah yang dapat diikuti yakini, pertama, tidak perlu menggunakan masker yang mahal. Mengingat Covid-19 merupakan jenis virus berukuran besar yang berdiameter 400-500 micro. Maka diingatkan kepada masyarakat bahwa masker jenis apapun dapat mencegah masuknya virus ini ke dalam tubuh. 

Kedua, selalu sedia starilizer dan selalu cuci tangan dengan sabun. Sebab, penularan Covid-19 tidak melalui udara namun penyebarannya melalui benda. Apabila menempel di permukaan logam, Virus Corona dapat hidup selama 12 jam. Dan jika menempel di tangan, virus ini bisa hidup selama 10 menit.

Ketiga, berjemur dan berada diudara bersuhu 26-27 derjad celsius, karena Virus Corona tidak hidup di daerah panas. Serta menghindari konsumsi makan dan minum dingin termasuk ice cream juga dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Keempat, berkumur sampai dalam dengan air hangat dan garam juga dapat membunuh virus di sekitar anak tekak dan mencegahnya masuk kedalam paru-paru. (Sumber:riau.go.id)