Posted on

(1 Vote)

Wabah Covid -19 yang kini melanda seluruh belahan dunia telah membawa dampak yang signifikan di semua sektor kehidupan. Meski demikian, birokrasi kita tidak boleh berhenti bergerak dan harus adaptif terhadap perubahan tersebut. Aparatur Sipil Negara (ASN) harus tetap sigap melayani masyarakat di tengah maraknya pandemi. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VII melalui fasilitas Zoom Meeting, di Jakarta, Kamis (2/4).

“Dengan adanya wabah ini, sebagai seorang ASN dan juga pemimpin perubahan, kita justru digenjot untuk mencari solusi dengan segala keterbatasan agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu” ungkap Kepala LAN di hadapan 60 peserta.

Kepala LAN mengatakan bahwa seluruh dunia kini menghadapi masalah yang sama, baik secara sosial, ekonomi, pelayanan dan sebagainya. Bagi birokrasi kita, tidak ada pilihan lain selain bergerak. Bahkan kita dituntut untuk adaptif dengan situasi yang ada. Untuk itu dibutuhkan pemimpin yang bisa dijadikan panutan, yang mampu melihat permasalahan yang dihadapi bangsa, serta mencari solusi untuk memecahkannya.

“Sebagai pemimpin perubahan harus mampu membaca situasi dan memetakan berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, termasuk juga instansi yang Bapak-Ibu pimpin. Pemimpin jangan menghindari masalah tetapi sebaliknya mencari solusi dari permasalahan tersebut” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala LAN juga mengatakan bahwa berubahnya skenario PKN menunjukkan respon cepat LAN. LAN memutuskan agar upaya untuk membangun birokrasi profesional terus berjalan dengan memanfaatkan berbagai media teknologi informasi yang ada.

“Memang bukan situasi yang mudah untuk mengambil keputusan ini, tetapi kita selaku pengambil kebijakan akan selalu dihadapkan pada dinamika lingkungan yang tidak bisa diprediksi. Saya berharap para peserta dapat mengambil pelajaran penting dalam situasi seperti saat ini,” jelasnya.

Terakhir, Kepala LAN berharap pandemi ini segera berlalu sehingga kehidupan masyarakat kembali normal. Demikian pula nantinya skenario Pelatihan Kepemimpinan Nasional yang saat ini tengah berjalan di sejumlah tempat.

“Kondisi ini memaksa kita untuk segera belajar dan adaptif. Pelatihan yang biasanya menggunakan metode klasikal, mau tidak mau kini bertransformasi menjadi distance learning. Mudah-mudahan kita bisa belajar banyak dari situasi ini,” tutupnya. (Sumber:lan.go.id)